Soto Sulung Madura di Stasiun Tugu Yogyakarta Ini Legendaris, Sejak 1968

Soto Sulung Madura di Stasiun Tugu Yogyakarta Ini Legendaris, Sejak 1968
Soto Sulung Madura di Stasiun Tugu Yogyakarta Ini Legendaris, Sejak 1968

Jika anda penggemar soto, sebaiknya mencoba Soto Sulung Madura Stasiun Tugu Yogyakarta.

Soto khas Jawa Timur yang ada di komplek stasiun Tugu Yogyakarta sisi selatan tersebut merupakan salah satu warung soto sulung legendaris di Yogyakarta.

Bagaimana tidak, warung makan ini telah ada sejak tahun 1968. Adalah (alm) Malik Marjuddin yang membawa kelezatan soto sulung dari Madura ke Yogyakarta.

"Bapak adalah orang asli Madura. Dulu saat pertama kali datang ke Jogja, bapak berjualan soto di depan gedung Bank Indonesia (BI) yang saat itu masih menjadi taman kota," ujar Muhammad Ridwan, anak Malik Marjudin yang meneruskan berjulan soto.

Lebih lanjut pria kelahiran tahun 1975 tersebut menceritakan setahun berjualan di depan BI bapaknya pindah ke komplek stasiun Tugu hingga saat ini.

Mampu mempertahankan citarasa soto sekian lama, maka tak heran warung soto ini memiliki banyak pelanggan dan selalu ramai oleh pembeli.

Setiap pengunjung warung yang setiap harinya buka dari jam 09.00 pagi hingga 20.00 tersebut bisa memilih soto daging maupun soto campur (daging dan jeroan).

Jika memesan seporsi soto campur, anda akan mendapati semangkuk soto yang berisikan potongan daging, usus, dan babat sapi. Sedangkan untuk soto daging hanya daging sapi tanpa jeroan.

Diungkapkan Ridwan, seporsi soto sulung hanya berisikan potongan daging, jeroan, dan telor, tanpa mi maupun sayuran, layaknya soto pada umumnya, hanya ada taburan daun sledri dan bawang goreng.

Soto sulung khas Madura ini memiliki kuah berwarna kuning, rasa kaldu sapinya sangat gurih terasa. Rasa gurih dari kuahnya sangat pas dengan empuknya daging dan jeroan daging sapi. Cara Membuat Soto Sulung

Tekstur empuk daging ini karena potongan daging dan jeroan yang sebelumnya telah direbus terlebih dahulu dimasukan ke dalam kuah soto yang selalu dipanasi.

Selain membuat daging empuk, dengan adanya daging dan jeroan juga membuat kuah semakin gurih.

Lebih lanjut anak kelima dari Malik Marjuddin tersebut mengatakan selain terbuat dari kaldu sapi, rasa gurih kuah sotonya juga dihasilkan dari beragam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunir, dan beragam bumbu rempah lainnya.

Hal lain yang khas dari soto sulung stasiun Tugu adalah nasinya yang disajikan dengan cara dibungkus kecil-kecil tidak langsung disajikan dimangkuk.

Dengan dibungkusi tersebut, setiap pembeli bebas mengambil nasi sesuai dengan porsi yang mereka inginkan.

Terkait dengan kemampuan orang tuanya meracik soto, diceritakan Ridwan, semasa muda bapaknya tinggal di jalan Sulung, sebuah daerah di Surabaya.

"Jalan Sulung atau Kampung Sulung, jika di Yogyakarta ini seperti daerah Kadipiro yang terkenal karena soto dan memang banyak yang berjualan soto," ujarnya.

Di daerah Sulung tersebut sebagian besar yang bertugas memasak soto adalah orang-orang Madura, dan orang tua Ridwan yang asli Madura mendapat kemampuan meracik soto dari sana.

Setelah menikah, akhirnya Malik Marjuddin memutuskan merantau ke Yogyakarta.

Untuk harga, satu porsi sato campur dapat anda nikmati cukup dengan Rp.8.500, sedang soto daging Rp.12.500.

Krenyes Gurih Peyek Belut Khas Yogya

Krenyes Gurih Peyek Belut Khas Yogya
Krenyes Gurih Peyek Belut Khas Yogya

Oleh-oleh khas dari Yogya ternyata bukan cuma bakpia, yangko atau gudeg. Yang satu ini juga tak kalah enak, sebab rasanya renyah dan gurih cocok dinikmati sebagai camilan. Kress... kress mau?

Peyek udang atau peyek kacang mungkin sudah biasa dinikmati. Tetapi kalau peyek belut mungkin buat sebagian orang banyak yang baru mengenalnya. Di Klaten ada pula snack serupa namun lebih dikenal dengan nama keripik belut. Penasaran seperti apa peyek belut ini?

Dari namanya memang sudah bisa dipastikan kalau bahan utamanya snack ini terbuat dari belut. Jangan terburu-buru mengerutkan kening terlebih dahulu karena mendengar kata belut. Sebab yang satu ini dijamin renyah gurih membuat siapapun yang menikmatinya bakal ketagihan.

Pembuatan peyek belut ini boleh dibilang sederhana, setelah belut dibuang tulangnya dan dibersihkan maka belut tersebut dilumuri dengan bumbu-bumbu seperti kemiri, ketumbar, bawang putih dan garam. Kemudian barulah dibalut dengan campuran tepung beras dan kanji dan santan untuk memberikan rasa gurih. Nah, belut pun tinggal digoreng hingga kuning keemasan.

Peyek belut sangat populer di kota Yogyakarta dan biasa dijual di tempat penjual snack oleh-oleh. Salah satu tempat penjual peyek belut yang sangat terkenal disana adalah di Pasar Godean. Di pasar tersebut peyek belut biasanya dijual per kilogram dengan harga yang berbeda-beda tergantung pada kualitasnya. Biasanya sih sekitar Rp 50.000,00 sampai Rp 60.000,00/kg dan ada pula yang sudah dikemas dalam plastik-plastik dengan merek yang berbeda.

Peyek belut yang berkualitas bagus biasanya tidak keras melainkan krenyes renyah saat digigit. Rasanya yang gurih cocok dinikmati sebagai camilan maupun dinikmati sebagai lauk-pauk. Nah, kalau nanti jalan-jalan ke Yogya jangan lupa memasukkan peyek belut sebagai salah satu oleh-oleh yang wajib dicoba. Coba juga Resep Peyek Teri

Resep Bolu Pisang nan Lezat

Resep Bolu Pisang nan Lezat
Banana Cake (Bolu Pisang)

Kue hangat yang disajikan dengan kopi atau teh pasti selalu menggoda. Daripada Anda membelinya, bagaimana kalau sore nanti membuatnya sendiri di rumah.

Tak perlu membuat kue yang rumit. Buat saja bolu pisang yang bahan-bahannya bisa Anda dapatkan dengan mudah. Ketahui bahan dan cara membuatnya di bawah ini. Cara Membuat Bolu Pisang

Bahan:
- 150 gram tepung terigu

- 25 gram tepung maizena

- 25 gram susu bubuk

- 5 butir telur ayam

- ¾ sdm TBM

- 250 gram pisang Ambon (diblender)

- 4 buah pisang ambon dipotong tipis-tipis

- 125 gram mentega (dicairkan)

- ½ sdt vanili

- 225 gram gula halus

Cara membuat :

- Campur gula, terigu, susu bubuk, maizena, TBM dan telur, mixer selama lebih kurang 8-10 menit sampai kental dan mengembang

- Tambahkan pisang yang diblender dan vanili  pada adonan, aduk hingga tercampur merata, lalu matikan mixer.

- Masukan mentega yang sudah dicairkan, aduk adonan dengan spatula sampai rata.

- Siapkan Loyang 21x21x7 yang telah dioles mentega/minyak dan alas dengan kertas roti. Tuang adonan, lalu panggang selama 30 menit.

- Saat sudah agak matang susun pisang yang diiris tipis tadi di atas cake, kemudian panggang lagi sampai matang kekuningan diatasnya, angkat dinginkan, potong-potong.

Resep Iga Bakar Maknyus

Resep Iga Bakar Madu

Iga Bakar … Hm,.. mendengar namanya sudah terbayang kelezatannya. Berhubung sekarang saya tinggal di Purwokerto, sebuah kota damai di Jawa Tengah, yaaa … akhirnya berjumpa dengan teman yang ternyata baru saja buka warung makan berjudul Iga Bakar Maknyusss … Hebatnya, kawan- kawan baru saya ini sebetulnya adalah para pengusaha muda Purwokerto yang aslinya memiliki latar belakang nol soal kuliner. Tapi,…. pada hari ke 7 pembukaan warung, saya mampir dan sangat terkejut!!! Apa pasal??? Warungnya rameeeee buanget!!!

Keunggulan Iga Bakar Maknyusss

Melihat warung yang ramai sekali bahkan beberapa orang terlihat mengantre, jiwa kuliner saya pun semakin menggebu tak sabar untuk segera mencari tahu, "Apa sih yang membuat warung ini ramai?". Dan akhirnya kutemukan beberapa alasannya.

Soal Rasa.

Bumbu yang diracik sendiri oleh Bunda Ika (salah satu pemilik warung ini) memiliki selera yang Purwokerto sekali, yaitu manis namun ada selingan panas dan gurih rempah. Ya,… Jawa Tengah memang lidahnya condong ke manis, namun di Purwokerto, manis tak melulu harus manis mutlak, melainkan harus ada gurihnya. Hal ini pulalah yang membuat lidah warga Purwokerto terasa lebih cocok pada Bumbu Iga Bunda Ika daripada beberapa resto Iga lainnya disini yang cenderung hanya manis yang ditonjolkan.

Seperti yang disebutkan salah seorang pelanggan, Reni, yang ternyata sudah 3 kali kemari (padahal warung baru buka 7 hari),  "Iganya empuk banget, nih lihat diiris pakai sendok aja sudah rontok dagingnya. Terus terutama bumbunya, manisnya itu pas, nggak bikin neg. Ini baru seleranya Purwokerto, manis tapi ada gurihnya". Tampaknya Reni memang tak berbohong, karena saya perhatikan, ia menggunakan kawat gigi dan tampaknya sama sekali tidak ribet ketika menyantap iga yang biasanya identik dengan alot atau keras.

Begitu saya coba … wow iya, dagingnya memang super empuk. Bahkan menurut saya ini terlalu empuk untuk disebut Iga. Memotong dagingnya, sungguh tak perlu menggunakan pisau. Ketika saya tanya, Bunda Ika menjawab, "Ngga ada rahasia sih ya. Cuma Iga kita pilih daging yang terbaik dan dipresto selama 1 jam. Kalau soal bumbu, yaaaa ini resep sehari hari dirumah yang mana kan saya dan suami kan asli Purwokerto, jadi ya mungkin seleranya kebetulan sama dengan warga Purwokerto lainnya".

Ya,… jika Anda ingin merasakan Iga Bakar Purwokerto, mungkin anda mesti mampir kesini. Karena rasa yang ditawarkan memang otentik resep keluarga yang jauh berbeda dengan rasa bumbu di tempat lain. Resep Iga Bakar

Harga Murah!!!

Kehebohan lain yang membuat warung ini ramai banget, menurut saya selain rasa yang pas dan daging yang empuk, juga karena harga yang murah. Bayangkan dengan Rp 10.000 kita sudah bisa menikmati Iga bakar lengkap dengan nasi putihnya. Jika mau daging yang lebih besar dikit 150 gram, kita pun cukup membayar Rp 15.000, itu sudah termasuk nasi putih!!! Wow,… luar biasa kan?

"Kebetulan kita memang pedagang daging sapi. Jadi selain bisa memilih daging yang terbaik juga harganya jatuhnya bisa dijual lebih murah dari tempat lain," begitulah sebut Mas Joko, suami Bunda Ika yang luar biasa pekerja keras. Pagi sampai malam berjualan Iga dan subuhnya sudah di pasar untuk jualan daging sapi.

Resep Tongseng kambing menggugah selera

Masih banyak sisa daging di rumah dan bingung ingin memasak apa? Kalian bisa mencoba mengolahnya menjadi tongseng kambing. Tongseng kambing adalah salah satu hidangan khas Nusantara yang menyajikan olahan kambing dengan bumbu yang istimewa.

Sebenarnya tongseng tak harus dimasak menggunakan daging kambing. Kalian bisa menggunakan daging sapi jika tak suka dengan daging kambing. Untuk membuat bumbu tongseng kambing, kalian membutuhkan beberapa bahan berikut ini:


- 1 batang serai, memarkan
- 4 buah cabai merah, iris tipis sekitar 2 cm
- 2 buah tomat, potong-potong menjadi empat bagian
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 3 buah kemiri
- 3 cm kunyit, dibakar
- 2 lembar daun jeruk
- 1 cm jahe, memarkan
- 1 lembar daun kol, iris tipis-tipis
- 4 sendok makan kecap manis
- garam dan lada secukupnya
- minyak goreng secukupnya untuk menumis

Selain itu, siapkan juga:

- 1/2 kilogram daging kambing, potong kecil-kecil (kalian bisa memilih iga kambing atau daging yang masih melekat pada iga)
- air secukupnya untuk merebus daging
- 800 ml santan

Selanjutnya, bahan-bahan siap dimasak dengan langkah berikut ini:

1. Pertama-tama panaskan air terlebih dahulu untuk merebus daging kambing. Rebus daging hingga setengah empuk. Setelah daging terasa empuk, tiriskan. Kalian juga bisa memotong-motong daging sesuai selera.

2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada, kemiri, kunyit, jahe, dan ketumbar terlebih dahulu.

3. Selanjutnya panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu-bumbu halus tersebut. Masukkan juga serai, lengkuas, jahe, dan daun jeruk. Tumis semua bahan hingga harum.

4. Selanjutnya tuangkan santan. Aduk hingga merata, kemudian masukkan daging kambing. Biarkan hingga mendidih dan daging kambing terasa empuk.

5. Sebelum diangkat, tambahkan irisan tomat, kol, dan cabai di atasnya. Tongseng kambing pun siap dinikmati!

Jika ingin tongseng kambing dengan rasa pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit. Beberapa varian resep tongseng kambing juga bisa dibuat tanpa menggunakan santan. Selamat mencoba resep tongseng kambing di atas dan menikmati lezatnya!

Resep Risoles Isi Mayonaise Enak Mantap

Resep Risoles Isi Mayonaise Enak Mantap
Resep Risoles Isi Mayonaise Enak Mantap - Metode Risoles Isian Mayonaise Nikmat Lezat Simpel – Risoles yaitu penganan yang umumnya memiliki isian daging yang di cincang halus, sayur mayur, serta di goreng sama kulitnya yang tercipta dari tepung panir serta kocokan telur. Bikin penganan tersebut tidak selamanya di goreng, bahkan juga di panggang pada oven juga dapat kamu kerjakan. Rioseles tersedia dua jenisnya, tersedia yang mungil serta tersedia yang gede, risoles gede yang umum kamu menyantap, sementara itu risoles mungil dapat di menjadikan penganan hiasan sama penganan sajian potongan daging sapi alias juga daging ayam. Dapat pun di untuk jadikan penganan penahan lapar pada pagi hari kamu nikmati berbarengan teh anget. Risoles kali tersebut tidak sama sama risoles yang umumnya, lantaran risoles yang bakal di ulas yaitu risoles yang bakal di isian oleh mayonaise, rasa-rasanya bakal merasa lebih nikmat serta enak. Kamu merasa tertarik? Segera saja kami buat risoles yang nikmat isian mayonaise.

Metode bikin isian risoles : Panasi wajan serta input margarine, tumis bawang bombay hingga layu, berikan daging ayam aduk rata. Wortel, buncis input serta masak juga sampai layu, taburi di atasnya sama memakai terigu. Input juga semuanya material yang lain terkecuali mayonaise serta potongan keju, aduk rata lantas angkat.
Kulit risoles kamu sediakan lantas input material isian, potongan keju, serta pun mayonaise lantas gulung serta lipat dan rekatkan sama memberikan kombinasi terigu sama air. Celupkan ke pada kocokan telur serta gulingkan ke tepung roti
Goreng sama api yang tengah hingga masak alias warnanya beralih jadi warna kuning kecoklatan.
Angkat serta tiriskan, risoles mayonaise sudah ready untuk disajikan

Sekian resep risoles isian mayonaise, silakan kamu buat di hunian berbarengan famili kamu. Selamat coba serta selamat nikmati!

Lihat resepnya disini ----->>> Resep Risoles Isi Mayonaise

Resep Sayur Bayam Lezat dan Sedap

Resep Sayur Bayam Lezat dan Sedap
Resep Sayur Bayam Lezat dan Sedap - Langkah Bikin Sayur Bayam Nikmat Enak – Sayur memanglah oke untuk badan kami, lantaran memiliki kandungan berlimpah gizi serta protein hingga dampak ke tubuh juga bakal jadi tambah baik. Makanan olahan sayur lumayan gampang tak tersedia yang sulit, lantaran tak terlampau berlimpah sistem serta langkah yang perlu di kerjakan pada sistem masaknya. Lumayan gampang serta praktis terlebih makanan yang bakal di hidangkan untuk kamu senja hari tersebut cocok banget lagi hujan, eh disediakan penganan yang anget serta berkuah, pas banget tuh! Makanan sayur yang sangat gampang yaitu bikin sayur bayam yang nikmat serta lezat. Pastinya kamu kerap nikmati penganan tersebut, namun tidak tersedia bosannya untuk nikmati sayur bayam tersebut. Citarasa kuahnya ini yang bikin kecanduan, terlebih di nikmati pada saat masih tetap anget. Untuk kamu yang telah pakar pada membuat lumayan gampang sekali bikin resep tersebut, namun buat kamu yang belum pakar alias belum dapat, janganlah cemas resepharian. com bakal menolong kamu agar kamu jadi pandai membuat, pastinya mesti berlimpah belajar. Baiklah bila kamu telah tak sabar mau coba bikin sayur bayam yang nikmat lezat, segera saja kami buat yu!

Janganlah terlampau berlimpah mengonsumsi sayur bayam lantaran sayur bayam memiliki kandungan zat besi, sesudah sayur bayam masak, sayur bayam tak bisa kamu anget kan lagi, terlebih sayur baya di biarlah untuk besoknya lagi sebagai menu sarapan, ini berbentuk meracuni badan kami. Silakan buat kamu yang sukai menyantap sayur mayur, baiknya kamu cobalah membuat sayur bayam jernih yang nikmat serta lezat tersebut.

Lihat resepnya disini ----->>> Resep Sayur Bayam